Desain Web-based Distance Learning: Model TPACK-in Practice untuk Meningkatkan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Bahasa Inggris

Authors

  • Agatha Lisa Univesitas Negeri Semarang
  • Abdurrachman Faridi Faridi Univesitas Negeri Semarang
  • Dwi Anggani Linggar Bharati Univesitas Negeri Semarang
  • Mursid Saleh Univesitas Negeri Semarang

Keywords:

Web-based distance learning, TPACK-in Practice, kesiapan mengajar, mahasiswa calon guru., Web-based distance learning, TPACK-in Practice, teaching readiness, student teacher candidates

Abstract

Abstrak. Mahasiswa calon guru saat ini tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi yang semakin pesat, khususnya dalam pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran. Mereka yang memiliki literasi teknologi yang baik bukan hanya mampu menguasai perangkat teknologi informasi dengan fitur-fitur terbaru, eye-catching, atau yang sedang booming, tetapi dapat juga memanfaatkan dan menggunakan teknologi secara tepat dan efektif dalam proses pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model pengajaran dengan menggunakan kerangka TPACK sebagai upaya untuk mempersiapkan mahasiswa calon guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mengajar di era revolusi industri 4.0, terutama pada masa darurat pandemi COVID-19. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian kualitatif ini mendeskripsikan penggunaan dan penerapan dari model pengajaran tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi kelas, interview, dan kajian dokumen tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui workshop yang diadakan secara online, 40 peserta dapat mendesain web-based distance learning yang kreatif dan inovatif. Mereka dapat menentukan berbagai macam aplikasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan pengajaran dengan menyesuaikan beberapa aspek penting, seperti materi, tujuan pembelajaran, karakteristik, gaya belajar, dan kebutuhan siswa dalam mengembangkan keterampilan abad 21. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa tertarik dengan materi workshop yang disampaikan dan merasa puas dengan tugas kelompok yang diberikan. Namun demikian, ada beberapa tantangan dan kendala yang dihadapi peserta dalam menyelesaikan tugas workshop tersebut.

Kata kunci: Web-based distance learning, TPACK-in Practice, kesiapan mengajar, mahasiswa calon guru.

Abstract. Student-teacher candidates today do not escape the influence of increasingly rapid technological developments, especially in using information and communication facilities for learning. Those who have good technological literacy can master information technology with the latest, eye-catching, or booming features and utilize and use technology appropriately and effectively in the teaching process to achieve the expected learning objectives. Therefore, this study explores a teaching model using the TPACK framework to prepare student teacher candidates to use technology to teach in the era of industrial revolution 4.0, especially during the COVID-19 pandemic emergency. Using a case study approach, qualitative research describes the use and application of the teaching model. This study's data collection techniques used class observations, interviews, and review of assignment documents. The results showed that through an online workshop, 40 participants could design creative and innovative web-based distance learning. They can determine the various applications used to support teaching activities by adjusting several important aspects, such as materials, learning objectives, characteristics, learning styles, and student needs in developing 21st-century skills. The results of the interviews showed that they were interested in the workshop materials presented and were satisfied with the assigned group assignments. However, there were several challenges and obstacles faced by the participants in completing the workshop tasks.

Key words: Web-based distance learning, TPACK-in Practice, teaching readiness, student teacher candidates.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles