Implementasi Information Communication Technology (ICT) Berbasis Human-to-Human Interaction dalam Pembelajaran Grammar

Authors

  • Atik Rokhayani Univesitas Negeri Semarang
  • Dwi Rukmini Univesitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Univesitas Negeri Semarang
  • Dwi Anggani Linggar Univesitas Negeri Semarang

Keywords:

ICT, human-to-human interaction

Abstract

Abstrak. Komunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Dewasa ini komunikasi akademik banyak dilakukan secara online. Komunikasi online dapat menggantikan keberadaan orang tanpa interaksi tatap muka. Sekarang ini, banyak mahasiswa berkomunikasi melalui Information Communication Technology (ICT). ICT sangat popular di dunia pendidikan. Integrasi teknologi dalam pembelajaran sangat mutlak diperlukan. Pemanfaatan teknologi membutuhkan peran aktif dosen dan mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sebagai generasi digital. Di masa pandemi ini, pembelajaran dilakukan secara online. Salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam komunikasi online melalui Human-to-Human Interaction. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi dalam pembelajaran Grammar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa komunikasi melalui Human-to-Human Interaction memberi pengalaman yang menarik bagi mahasiswa serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk bereksplorasi dengan dosen dan mahasiswa yang lain. Mahasiswa juga menunjukkan sikap positif selama pembelajaran.

Kata kunci: ICT, interaksi antar manusia.

Abstract. Communication is one of the important factors in the learning process. Nowadays, academic communication is mostly done online. Online communication can replace the presence of people without face-to-face interaction. Nowadays, many students communicate through Information Communication Technology (ICT). ICT is very popular in education. The integration of technology in learning is necessary. Utilization of technology requires the active role of lecturers and students. Therefore, learning strategies are needed that are in accordance with the needs of students as a digital generation. During this pandemic, teaching and learning is conducted via online mode. One strategy that can be applied is online communication through Human-to-Human Interaction. This study aims to explore the application of technology in learning Grammar. This study used a qualitative approach. The results of this study reveal that communication through Human-to-Human Interaction provides an interesting experience for students and provides opportunities for them to explore with lecturers and other students. The students also show a positive attitude during learning.

Key words: ICT, human-to-human interaction

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles