Pengembangan Keprofesian Guru Bahasa Inggris Madrasah melalui Professional Learning Community

Authors

  • Sayyidatul Fadlilah Univesitas Negeri Semarang
  • Abdurrachman Faridi Univesitas Negeri Semarang
  • Issy Yuliasri Univesitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Univesitas Negeri Semarang

Keywords:

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris, Pola Pelatihan dan Pendampingan IN-ON-IN, Continuous Professional Development, English Teacher Association, IN-ON-IN pattern

Abstract

Abstrak. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru madrasah, khususnya guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah (MTs), saat ini sedang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemberian dana stimulan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang didapatkan MGMP secara kompetitif melalui pengajuan proposal bantuan Block Grant Tahun Anggaran 2021 yang diseleksi secara bertahap dari tingkat lokal hingga nasional. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengekspos respon guru Bahasa Inggris terhadap dukungan pemerintah kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk melaksanakan program kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), 2) Mengekspos bagaimana program kegiatan PKB diimplementasikan oleh 2 MGMP Bahasa Inggris MTs di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus Etnografi yang menggunakan paradigma interpretative, social constructivist, interactionist symbolic, dan participatory/emancipatory. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi di kelas pelatihan, Observasi di kelas pendampingan,  wawancara, dan kajian dokumen pelaksanaan PKB pada 2 MGMP Bahasa Inggris MTs di Kota Semarang sebagai penerima Block Grant MGMP kemenag RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 dari 21 guru  (100%) MGMP Bahasa Inggris MTs Kota Semarang dan 23 dari 23 guru (100%) MGMP Bahasa Inggris MTs Kota Semarang 2 merespon secara positif Program PKB yang diselenggarakan oleh MGMP dengan skema anggaran dana stimulan MGMP dari Kemenag RI. Adapun Implementasi dari kegiatan PKB di 2 MGMP tersebut dilaksanakan dengan pola IN-ON-IN pada satu Unit Pembelajaran (UP) Wajib (Advertisement) dan UP Pilihan.  .

Kata kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris, Pola Pelatihan dan Pendampingan IN-ON-IN

Abstract. Continuous Professional Development (PKB) for madrasa teachers, especially English teachers at Madrasah Tsanawiyah (MTs), is currently receiving special attention from the government. This is evidenced by the provision of block grants for English Teacher Association (MGMP Bahasa Inggris) from the Ministry of Religious Affairs (MORA) of the Republic of Indonesia which MGMP obtained competitively through the submission of Block Grant assistance proposals for the 2021 Fiscal Year selected from local to national levels. This study aims to: 1) Expose the response of English teachers to government support for English Teacher Association (MGMP Bahasa Inggris) at Madrasah Tsanawiyah (MTs) to carry out a program of Continuous Professional Development (PKB), 2) Expose how the PKB program is implemented by 2 English Teacher Associations (MGMP Bahasa Inggris MTs Kota Semarang and MGMP Bahasa Inggris MTs Kota Semarang 2). This research employed an Ethnographic case study that uses interpretative, social constructivist, interactionist symbolic, and participatory/emancipatory paradigms. Data collection techniques in this study used observation in the training class, observation in the mentoring class, interviews, and documents from 2 English Teacher Associations. The results showed that 21 of the 21 (100%) English teachers from MGMP Bahasa Inggris MTs Kota Semarang and 23 out of 23 English teachers (100%) from MGMP Bahasa Inggris MTs Kota Semarang 2 responded positively to the PKB Program organized by English Teacher Association using the block grant from MORA. The implementation of PKB at 2 English Teacher Associations was carried out using the IN-ON-IN pattern in one Mandatory Learning Unit (UP) and Optional Learning Unit.

Key words: Continuous Professional Development, English Teacher Association, IN-ON-IN pattern

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles