Penerapan pendekatan Socio-Sicentific Issue (SSI) Menggunakan Desain Project untuk Meningkatkan Penguasaan Technopreneurship Mahasiswa

Authors

  • Dyah Setyaningrum Winarni Univesitas Negeri Semarang
  • Susilo Susilo Univesitas Negeri Semarang
  • Sigit Saptono Univesitas Negeri Semarang
  • Arif Widiyatmoko Univesitas Negeri Semarang

Keywords:

socio-scientific issue (SSI), desain project, technopreneurship;, socio-scientific issue (SSI), desain project, technopreneurship.

Abstract

Abstrak. Pembelajaran sekarang ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan tidak hanya kemampuan kognitif, tetapi juga kemampuan afektif dan psikomotor. Pola pembelajaran untuk meningkatkan aspek dalam diri peserta didik tentu sebagai bentuk upaya menghasilkan lulusan atau generasi penerus bangsa yang memiliki kemadirian dalam mengahadapi permasalahan yang ada di lingkungan. Oleh karena itu perlu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan menghubungkan antara pembelajaran dan masalah yang ada di lingkungan masyarakat dengan pendekatan socio-scientific issue (SSI). SSI ini diterapkan dengan menggunakan desains project untuk meningkatkan technopreneurship mahasiswa atau kemampuan menggunakan teknologi dalam berwirausaha. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian one shot case study. Data diambil dari 56 mahasiswa fakultas sains dan teknologi Universitas Ivet. Indikator yang diambil dibatasi pada rancangan proyek, analisis kendala proyek, dan solusi permasalahan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kemampuan desains project 36% dinyatakan selalu berkoordinasi bersama ahli. Hasil analisis proyek berbasis teknologi diketahui lebih dari 50% proyek yang dikembangkan berbasis teknologi. Hasil untuk kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam desains project diperoleh beberapa kendala, akan tetapi hasil wawancara dinyatakan para mahasiswa mampu memecahkan permaslahan yang dihadapi. Simpulan dari penelitian ini bahwa hasil penerapan pendekatan SSI mampu meningkatkan penguasaan technopreneurship mahasiswa.

Kata kunci: socio-scientific issue (SSI), desain project, technopreneurship

Abstract. Today's learning requires efforts to improve not only cognitive abilities, but also affective and psychomotor abilities. Learning patterns to improve aspects in students are certainly a form of effort to produce graduates or the nation's next generation who have independence in dealing with problems that exist in the environment. Therefore, an appropriate learning approach is needed by connecting learning and problems that exist in the community with a socio-scientific issue (SSI) approach. This SSI is implemented by using a design project to improve students' technopreneurship or the ability to use technology in entrepreneurship. The method in this study uses a one-shot case study research design. Data were taken from 56 students of the faculty of science and technology at Ivet University. The indicators taken are limited to project design, analysis of project constraints, and problem solutions. Based on the results of the analysis, 36% of project design skills were stated to always coordinate with experts. The results of the technology-based project analysis show that more than 50% of the projects developed are technology-based. The results for the ability to solve the problems encountered in the design project obtained several obstacles, but the results of the interviews stated that the students were able to solve the problems they faced. The conclusion from this study is that the results of the application of the SSI approach are able to improve student technopreneurship.

 Key words: socio-scientific issue (SSI), desain project, technopreneurship.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles