Meningkatkan Kinerja Sekolah Dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Siswa Melalui Pendidikan Gratis Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Authors

  • F Budi Santoso Univesitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

optimalisasi bos/bosda untuk meningkatkan kinerja, optimization of bos/bosda to improve performance

Abstract

Abstrak. Pemerintah pusat memberikan dana pendidikan berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/kota berupa Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA). Dalam penggunaan di satuan pendidikan akan kesulitan dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) mengacu pada petunjuk teknis bukan mengacu pada raport mutu sekolah. Maka dalam pelaksanaannya sekolah tidak punya kemampuan untuk mengoptimalkan dana BOS maupun BOSDA untuk membangun sekolah yang berkualitas. Kurangnya pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan, maka penulis merumuskan masalah pada model penelitian pengembangan (R&D) “belum optimalnya sekolah dalam penggunaan dana bantuan pemerintah sebagai upaya biaya pendidikan gratis” dengan judul “meningkatkan kinerja sekolah dan menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa melalui pendidikan gratis pada jenjang sekolah menengah kejuruan”. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat kerangka kinerja sekolah berbiaya gratis dengan menetapkan tingkatan kinerja sekolah berkelanjutan pada tiga sekolah menengah kejuruan negeri di provinsi jawa tengah. Fokus penelitian mengidentifikasi kerangka paling cocok untuk mengukur keberlanjutan indek gabungan dari tata letak kinerja sekolah dengan Data dan Sumber Penelitian; Studi kasus; 3 smk yang berbeda, Tipe data; rencana tata letak digital, Sumber; otoritas perencanaan lokal, Data verifikasi; groundthruting SMK. Teknik Pengumpulan Data berupa data Kuesioner; uji coba untuk pelaksanaan dan Teknik Keabsahan Data: Responden; SMK Negeri di Jawa Tengah dengan Jumlah putaran; 3 sekolah. Teknik pengolahan data dengan statistika deskriptif, statistika inferensial dan interpretative analysis.

Kata kunci: optimalisasi bos/bosda untuk meningkatkan kinerja

Abstract. The central government provides education funds in the form of School Operational Assistance (BOS) and provincial or district/city governments in the form of Regional School Operational Assistance (BOSDA). In use in education units, it will be difficult to prepare the School Activity Plan and Budget (RKAS) referring to technical instructions, not referring to school quality report cards. So, in its implementation, schools do not have the ability to optimize BOS and BOSDA funds to build quality schools. Lack of government in preparing human resources through the education sector, the authors formulate problems in the research development (R&D) model; “Schools Are Not Optimized In Use Of Government Assistance Funds As A Free Education Cost Efforts" With The Title "Increasing School Performance And Growing The Entrepreneurs Of Students Through Free Education At Vocational High School”. The purpose of this study is to create a free-cost school performance framework by determining the level of sustainable school performance in three public vocational high schools in the province of Central Java. Research focus ; identify the most suitable framework for measuring the sustainability of the combined index of school performance layout with Research Data and Sources; Case study; 3 different smk, data type; digital layout plan, Source; local planning authority, Data verification; ground-truthing SMK. Data collection techniques in the form of questionnaire data; trials for implementation and Data Validity Techniques: Respondents; State Vocational Schools in Central Java by Number of rounds; 3 schools. Data processing techniques with descriptive statistics, inferential statistics and interpretive analysis.

Key words: optimization of bos/bosda to improve performance

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles