Keefektifan Pembuatan RPP Inovatif, Media dan Weblog Pembelajaran guna meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Pondok Pesantren

Authors

  • Muhammad Jhoni UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • M. Hasbi UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Nurlaeli Nurlaeli UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia

Keywords:

RPP, weblog, pembelajaran, media pembelajaran, RPP, weblogs, learning, learning media

Abstract

Abstrak. Tujuan dari program pengabdian ini adalah mendampingi para guru madrasah di pondok pesantren Tazakka dalam pembuatan RPP Inovatif, Media Pembelajaran, dan Web blog. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang mana semua pihak yang relevan dilibatkan secara aktif, dalam menganalisis tahapan-tahapan kegiatan yang sedang berlangsung guna melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi. Berdasarkan hasil pengabdian didapatkan hasil bahwa rata-rata sikap guru sebesar 6,38 untuk pembuatan weblog, rata-rata sebesar 7,54 untuk PPT, dan rata-rata 6,97 untuk RPP yang masing-masing termasuk dalam kategori baik; sebesar 86% dari 37 orang peserta mampu membuat weblog, PPT, dan RPP; masing-masing sekolah membuat weblog sekolah resmi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini memberikan dampak yang baik bagi guru madrasah di Pondok Pesantren Tazakka.

Kata kunci: RPP, weblog, pembelajaran, media pembelajaran.

Abstract. The purpose of this service program is to assist madrasa teachers at the Tazakka Islamic boarding school in making Innovative RPP, Learning Media, and Web blogs. The method used is Participatory Action Research (PAR), in which all relevant parties are actively involved in analyzing the stages of ongoing activities in order to make changes for the better. Based on the results of the service, it was found that the average attitude of the teacher was 6.38 for making weblogs, an average of 7.54 for PPT, and an average of 6.97 for RPP, each of which was in the good category.; 86% of the 37 participants were able to make weblogs, PPT, and RPP; each school makes an official school weblog. Thus, it can be concluded that this PKM activity has a good impact on madrasa teachers at the Tazakka Islamic Boarding School.

Key words: RPP, weblogs, learning, learning media.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles