Investigasi Motivasi dan Gaya Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Online di Jurusan PKK UNNES

Authors

  • Pudji Astuti Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sita Nurmasitah Univesitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

gaya belajar, motivasi belajar, mahasiswa, Learning style, motivation to learn, students

Abstract

Abstrak. Gelombang globalisasi abad 21 semakin kuat, arus penggunaan teknologi pada pendidikan massif berjalan. Di sisi lain kondisi pandemic covid 19 membawa perubahan baru. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal ini yang akan dilihat oleh peneliti dalam penelitian terkait dengan motivasi belajar dan gaya belajar. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk memperoleh gambaran motivasi belajar dan gaya belajar mahasiswa Jurusan PKK. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket menggunakan skala likert. Angket disebarkan secara online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar pada mahasiswa Jurusan PKK termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 62,4 %. Pada gaya belajar Pada gaya belajar menunjukan bahwa kecenderungan gaya belajar mahasiswa Jurusan PKK adalah gaya belajar visual sebanyak 48,17 %. Melihat data yang ditampilkan maka motivasi belajar pada mahasiswa masih bagus dan perlu didorong lagi mengingat pembelajaran online/daring membutuhkan motivasi yang kuat.

Kata kunci: gaya belajar, motivasi belajar, mahasiswa

Abstract. The wave of globalization in the 21st century is getting stronger, the current use of technology in mass education is running.  On the other hand, the condition of pandemic covid 19 brings new changes. Learning activities are carried out online. This will be seen by researchers in research related to learning motivation and learning style. The purpose of the research is to obtain images of learning motivation and learning style of PKK students. The research method used is a survey with a quantitative approach. Data collection techniques are performed by questionnaire using the Likert scale. The questionnaire is distributed online through google form. The data analysis technique used is descriptive percentage. The results showed that the motivation to study in students of the PKK Department was included in the high category as much as 62.4%. In the learning style, the learning style shows that the excitement of the learning style of students of the PKK Department is a visual learning style of 48.17%. Looking at the data displayed, the motivation to learn in students is still good and needs to be encouraged again considering that online learning requires strong motivation.

Key words: Learning style, motivation to learn, students

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles