Digital Storytelling; Strategi Alternatif Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai Argumentatif di Perguruan Tinggi

Authors

  • Kadek Devi Kalfika Anggria Wardania Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia
  • A A.Ngr.Eddy Supriyadinata Gorda Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia

Keywords:

digital storytelling, menulis, esai argumentatif, perguruan tinggi, digital storytelling, writing, argumentative essays, higher education

Abstract

Abstrak. Sebagian besar kalangan masih menilai bahwa kemampuan mahasiswa menulis esai argumentatif belum berada pada tataran yang menggembirakan. Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satu faktor utama yang ditengarai menjadi penyebabnya adalah kurangnya kemampuan mereka untuk mengembangkan argumen secara sistematis. Seiring dengan berkembangnya teknologi di dunia pendidikan, Digital storytelling (DST) dapat dijadikan sebagai salah satu strategi alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis, khususnya menulis esai argumentatif. Dengan mengkaji literatur yang ada, DST memiliki bukti empiris untuk meningkatkan kemampuan menulis. Selain itu, strategi ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik sekaligus meningkatkan penguasaan literasi digital yang sangat dibutuhkan di era industri 4.0.

Kata kunci: digital storytelling, menulis, esai argumentatif,  perguruan tinggi. 

Abstract. Most people still think that the students' ability to write argumentative essays is not yet at an encouraging level. Many things cause this to happen. One of the main factors suspected to be the cause is their lack of ability to develop arguments systematically. Along with the development of technology in the world of education, Digital Storytelling (DST) can be used as an alternative strategy to improve students' writing skills, especially writing argumentative essays. By reviewing the existing literature, DST has empirical evidence to improve writing skills. In addition, this strategy also has the potential to improve students' communication skills while increasing digital literacy mastery which is much needed in the industrial era 4.0.

Key words: digital storytelling, writing, argumentative essays, higher education.

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles