Konsep Pendidikan Budi Pekerti Luhur untuk Mendukung Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) (Studi Kasus : Organisasi Kejiwaan Pangestu)

Authors

  • Sri Sulistyaningsih Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Joko Raharjo Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Hermanto Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Titi Prihatin Univesitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

konsep pendidikan, budi pekerti, pendidikan karakter, organisasi kejiwaan, ajaran suksma sejati, education concepts, character education, psychiatric organizations, true suksma teachings

Abstract

Abstrak. Menghadapi tantangan di era global abad 21, seperti  revolusi industri keempat (4.0) serta perubahan peradaban masyarakat di dalam hampir semua sendi-sendi kehidupan, termasuk di bidang pendidikan dan kebudayaan, ada dua aspek pendidikan yang perlu perhatian, yaitu : pendidikan karakter dan pengetahuan umum (literasi). Untuk itu pada tahun 2017 Pemerintah Indonesia membuat program Penguatan Pendidikan Karakter (Perpres no 87 tahun 2017), sebagai fondasi dan ruh utama Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi PPK berbasis masyarakat dan merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian sebuah pusat pendidikan nonformal, organisasi kejiwaan Pangestu, yang selama ini konsisten melaksanakan pendidikan budi pekerti luhur dan pembentukan karakter. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diaplikasikan secara massive dan menjadi acuan dalam penelitian lebih lanjut tentang Penguatan Pendidikan Karakter berbasis masyarakat.

Kata kunci: konsep pendidikan, budi pekerti, pendidikan karakter, organisasi kejiwaan, ajaran suksma sejati.

Abstract. Challenges in the global era of the 21st century, such as the fourth industrial revolution (4.0) and changes in community civilization in almost all aspects of life, including in the fields of education and culture, two aspects of education need attention, namely: character education and general knowledge. (literacy). For this reason, in 2017, the Indonesian Government created a program for Strengthening Character Education (Indonesia State Policy number 87 of 2017) as the foundation and leading spirit of education. PPK is an educational movement under the responsibility of the education unit to strengthen students' character. This study aims to find out how the implementation of community based KDP is qualitative research, with the research subject being a non-formal education center. This Pangestu psychiatric organization has consistently carried out the education of noble character and character-building—collecting data using the method of observation, interviews, and documentation. The data that has been collected were analyzed using descriptive analysis. The results of this study are expected to be applied massively and become a reference in further research on strengthening community-based character education.

Key words: education concepts, character education, psychiatric organizations, true suksma teachings.

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles