Kualitas Guru di Indonesia

Authors

  • Audi Hifi Veirissa Univesitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

pendidikan, guru, kualitas, education, teachers, quality

Abstract

Abstrak. Bangsa Indonesia perlu berbenah dari segi sumber daya manusia (SDM). Untuk meningkatkan sumber daya manusia tersebut, diperlukan pendidikan. Guru sebagai bagian dari sistem pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam membimbing kualitas roda pendidikan. Oakes (dalam Slamet, 1991:16) menegaskan bahwa mutu sekolah dan mutu pengajaran bergantung pada mutu guru. Karena sekolah yang baik adalah guru yang baik. Jika sekolah di Indonesia memiliki guru yang berkualitas, pendidikan nasional juga akan berkualitas. Guru memiliki posisi yang strategis untuk menentukan arah pendidikan nasional.Karena guru merupakan tulang punggung pendidikan, maka kualitas guru harus selalu ditingkatkan. Guru dianggap sebagai figur sentral dalam pendidikan, karena perannya dalam menggerakkan dan memfasilitasi pembelajaran. Kualitas guru di Indonesia dapat ditinjau dari 2 aspek, yaitu berkaitan dengan kesejahteraan guru di Indonesia dan kompetensi guru di Indonesia. Dilihat dari kesejahteraan guru di Indonesia masih jauh dari kata cukup. Banyak guru yang sudah sejahtera namun masih jauh lebih banyak guru yang belum mendapatkan kesejahteraan mereka. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang kompetensi guru, di Indonesia masih terdapat banyak guru yang kompetensinya kurang memadai. Inkompetensi pengajar pada antaranya terjadi lantaran rendahnya minat belajar, membaca, menulis & membuat karya media pembelajaran. Dua aspek ini saling berkaitan, kompetensi guru masih kurang karena diantaranya tingkat kesejahteraannya yang masih dibawah cukup.

Kata kunci: pendidikan, guru, kualitas.

Abstract. We need to improve our human resources. To improve human resources, education is needed. Teachers as part of the education system play a very important role in guiding the quality of education. Oakes (in Slamet, 1991:16) asserts that the quality of schools and the quality of teaching depend on the quality of teachers. The good schools are the good teachers. If schools in Indonesia have quality teachers, The quality of national education will also be great. Teachers have a strategic position to determine the direction of national education. Because teachers are the backbone of education, the quality of teachers must always be improved. Teachers are considered as central figures in education, because of their role in mobilizing and facilitating learning. The quality of teachers in Indonesia can be viewed from two aspects, related to the welfare of teachers in Indonesia and teacher competence in Indonesia. If we see from the welfare of teachers in Indonesia, it is still far from sufficient. Many teachers are already prosperous but there are still many more teachers who have not received their welfare. Meanwhile, if we look from the teachers’ competence, in Indonesia there are still many teachers whose competence is inadequate. The incompetence of teachers, among others, occurs due to low interest in learning, reading, writing & making learning media works. These two aspects are interrelated, the competence of teachers is still lacking because among them the level of welfare is still below sufficient.

Key words: education, teachers, quality.

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles