Persepsi Mahasiswa dengan Kecenderungan Gaya Belajar Kinestetik Terhadap Perkuliahan Virtual

Authors

  • Kunjung Ashad Universitas Negeri Surabaya
  • Laily Mita Andrian Universitas Negeri Surabaya
  • I Nengah Sandi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

gaya belajar, kinestetik, perkuliahan, praktik, virtual, learning style, kinesthetic, lecture, practice, virtual

Abstract

Abstrak. Kebijakan physical distancing mempengaruhi banyak aspek khususnya pada bidang pendidikan. Metode perkuliahan secara virtual dinilai efektif namun tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan dalam memahami materi perkuliahan dengan mudah karena setiap individu memiliki kecepatan pemahaman, kecepatan kinerja dan gaya belajar yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis persepsi mahasiswa dengan kecenderungan gaya belajar kinestetik terhadap perkuliahan virtual. Metode penelitian yang digunakan adalah cross-sectional design yang melibatkan sebanyak 213 mahasiswa fakultas ilmu olahraga di Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner gaya belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan virtual. Teknik analisis data yang digunakan adalah mean, standar deviasi, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 46% mahasiswa memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik, mahasiswa memiliki persepsi yang cukup baik terhadap pembelajaran mata kuliah senam aerobik ditinjau dari aspek sarana prasarana, sumber daya manusia, media dan sistem pembelajaran serta kompetensi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perkuliahan praktek senam aerobik secara virtual dinilai efektif untuk mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik.

Abstract. The physical distancing during covid-19 pandemic affects many aspects, especially in education. The virtual lecture method is considered effective but not all students have the ability to understand lecture material easily because each individual has a different speed of understanding and learning style. The purpose of this study was to analyze the perceptions of students with a kinesthetic learning style tendency towards virtual lectures. The research method used is a cross-sectional design involving 213 students of the sports science faculty at the Universitas Negeri Surabaya. The instrument used is a questionnaire on student learning styles and student perceptions of virtual lectures. The data analysis technique used is the mean, standard deviation, and percentage. The results showed that as many as 46% of students had a kinesthetic learning style tendency, students had a fairly good perception of learning aerobics in terms of infrastructure, human resources, media and learning systems and student competencies. Based on the results of the study, it was concluded that the practical aerobic exercise lecture was considered effective for students with kinesthetic learning styles.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles