Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0

Authors

  • Meilan Arsanti Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Subiyantoro Subiyantoro Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nas Haryati S Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

kompetensi abad 21, pendidikan di Perguruan Tinggi, era society 5.0, 21st century competence, education in higher education, society era 5.0

Abstract

Abstrak. Makalah ini ditulis berdasarkan hasil kajian pustaka tentang tuntutan kompetensi abad 21 dalam proses pendidikan di Perguruan Tinggi untuk menghadapi era society 5.0. Pada era society 5.0 Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab yang penting untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten maka proses pendidikan di Perguruan Tinggi harus dilakukan berdasarkan tuntutan kompetensi abad 21. Kompetensi abad 21 yang diperoleh tersebut menjadi bekal lulusan Perguruan Tinggi  untuk menghadapi era society 5.0. Kompetensi abad 21 tersebut disebut 4C, yaitu keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration). Kompetensi 4C tersebut dapat ditanamkan baik dalam proses pembelajaran di kelas dengan berbagai model perkuliahan maupun di luar kelas melalui unit kegiatan mahasiswa. Dalam makalah ini diuraikan tentang tuntutan kompetensi abad 21 dalam pendidikan di Perguruan Tinggi dan model-model pembelajaran yang dapat mengasah kompetensi abad 21. Melalui makalah ini penulis berharap dapat menambah wawasan bagi pembaca khususnya dosen maupun praktisi pendidikan. Selain itu, penulis berharap dapat menginspirasi dosen maupun para praktisi pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif yang dapat memberikan keterampilan atau kompetensi sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21 sehingga lulusan Perguruan Tinggi lebih siap dalam menghadapi era society 5.0.

Abstract. This paper was written based on the results of a literature review on the demands of eternal competence in the educational process in higher education to face the era of society 5.0. In the era of society 5.0, universities have an important responsibility to produce competent graduates. In order to produce competent graduates, the education process in higher education must be carried out based on the demands of 21st century competencies. The 21st century competencies obtained are the provisions for university graduates to face the era of society 5.0. These 21st century competencies are called 4Cs, namely creative thinking skills, critical thinking and problem solving, communication, and collaboration. These 4C competencies can be instilled both in the learning process in the classroom with various lecture models and outside the classroom through student activity units. In this paper, topics are described, namely the demands of 21st century competence in higher education and learning models that can hone 21st century competencies. Through this paper, the author hopes to add insight to readers, especially lecturers and education practitioners. In addition, the author hopes to inspire lecturers and education practitioners to create innovative learning that can provide skills or competencies in accordance with the demands of 21st century competencies so that university graduates are better prepared to face the era of society 5.0.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles