Penguasaan Retorik Interpersonal Sebagai Strategi Kompetensi Komunikatif Guru Kelas dalam Pembelajaran Bahasa di Pendidikan Abad 21

Authors

  • Dina Mardiana Universitas Negeri Semarang
  • Fathur Rokhman Universitas Negeri Semarang
  • Rustono Rustono Universitas Negeri Semarang
  • Hari Bakti Mardikantoro Universitas Negeri Semarang

Keywords:

retorik interpersonal, kompetensi komunikatif, guru kelas, pembelajaran bahasa, abad 21, interpersonal rhetoric, communicative competence, classroom teacher, language learning, 21st century

Abstract

Abstrak. Era digital abad 21 atau yang dikenal dengan era revolusi industri 4.0 semakin mendisrupsi banyak bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan di abad 21 pun menyajikan banyak tantangan bagi kompetensi guru bahasa, tak terkecuali guru kelas yang juga mengajarkan bahasa untuk dapat mewujudkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif di SD/MI. Kompetensi guru kelas di era digital pembelajaran abad-21 ini tak hanya dituntut untuk mampu mengaplikasikan pengetahuan teknologi dan digitalnya, tetapi juga harus mampu mengaplikasikan pengetahuan pedagogiknya dalam kelas yang diampunya, salah satunya kompetensi komunikatif dalam kegiatan belajar mengajar. Permasalahan utama yang dikaji dalam makalah ini adalah tantangan kompetensi komunikatif guru kelas dalam mewujudkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar yang efektif di era digital abad 21. Tantangan tersebut dapat dijawab dengan baik apabila guru memiliki pemahaman tentang teori pragmatik interpersonal yang mencakupi retorik interpersonal sebagai strategi berkomunikasi yang efektif dan santun dalam kegiatan belajar mengajar. Ruang lingkup permasalahan yang sangat luas dibatasi hanya pada tantangan guru kelas dalam menguasai kompetensi komunikatif melalui langkah-langkah dalam retorik interpersonal.

Abstract. The digital era of the 21st century or well-known as the industrial revolution era 4.0 is increasingly disrupting many fields, one of which is the education field. Education in the 21st century also presents many challenges for the competence of language teachers, unexpected to classroom teachers who also teach language to be able to realize effective learning of Indonesian language and literature in the primary school (SD/MI). The competence of classroom teachers in the digital era of the 21st century is not only required to be able to apply their technological and digital knowledge, but also to be able to apply their pedagogical knowledge in the learning classroom they teach, one of which is communicative competence in teaching and learning activities. The main problem studied in this paper is the challenge of the communicative competence of classroom teachers in realizing effective learning of Indonesian language and literature at the primary schools in the digital era of the 21st century. This challenge can be answered properly if the teacher has an understanding of interpersonal pragmatic theory which includes interpersonal rhetoric as effective and polite communication strategies in teaching and learning activities. The very broad scope of the problem in this paper is limited only to the challenges of classroom teachers in mastering communicative competence through steps in the interpersonal rhetoric.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles