Prinsip, Karakteristik, dan Profil dalam Pelatihan Kepewaraan Formal Mahasiswa di Perguruan Tinggi Berorientasi Kecakapan Hidup

Authors

  • Irfan Efendi Universitas Negeri Semarang
  • Fathur Rokhman Universitas Negeri Semarang
  • Rustono Rustono Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

prinsip,karakteristik, dan profil kepewaraan formal, principles, characteristics, and formal sanity profile

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan kepewaraan sebagai sebuah kecakapan hidup sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) Keterampilan berbicara dan Retorika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  prinsip, karakteristik dan profil pelatihan kepewaraan formal mahasiswa di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research). Dalam penelitian ini, studi pustaka  yang digunakan adalah jurnal nasional dan internasional, buku, maupun hasil penelitian yang relevan. Setelah data-data pustaka terkumpul, penulis menyusun dan mengurutkannya menjadi temuan baru atau pijakan baru. Hasil penelitian kajian ini bahwa pelatihan yang baik harus memiliki pertama prinsip pelatihan, yaitu (1) perbedaan individu; (2) spesifikasi mahasiswa; (3) motivasi mahasiswa; (4) partisipasi aktif; (5) seleksi mahasiswa; (6) seleksi pengajar; (7) kompetensi pengajar; (8) metode pelatihan; dan (9) asas belajar. Kedua, menentukan karakteristik pelatihan kepewaraan mahasiswa, yaitu (1) memiliki pengetahuan kebahasaan; (2) memiliki pengetahuan nonkebahasaan; (3) memiliki motivasi; (4) memiliki keberanian; (5) memiliki kepercayaan diri; (6) memiliki keterampilan Media kepewaraan atau teknologi informasi; (7) menguasai panggung. Ketiga, menentukan profil pewara formal.. Untuk menjadi pewara professional yang berorientasi kecakapan hidup diperlukan sintax berupa OEKIER, yaitu Orientasi, Eksplorasi, Konseptual, Implementasi, serta Evaluasi dan Refleksi. Simpulan penelitian ini adalah prinsip, karakteristik, dan profil pelatihan kepewaraan disusun berdasarkan kajian kurikulum dan CPMK yang telah disusun berdasarkan kebutuhan mahasiswa untuk menjadikan keterampilan kepewaraan sebagai sebuah kecakapan hidup. Untuk menjadi seorang pewara profesional dibutuhkan pengetahuan kebahasaan dan nonkebahasaan, selain itu harus ditunjang pula dengan unsur penunjang pewara, yaitu etika, estetika, kecakapan personal,kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan vokasional. Proses mewujudkannya dilakukan dengan pelatihan kepewaraan dengan langkah sintaks OEKIER (Orientasi, Eksplorasi, Konseptualisasi, Implementasi, Evaluasi dan Refleksi).

Abstract. This research is motivated by the needs of students in improving sanity as a life skill in accordance with the learning outcomes of the subjects (CPMK) Speaking and Rhetoric Skills. The purpose of this study is to describe the principles, characteristics and profiles of formal student training in tertiary institutions. The research method used is library research. In this research, literature studies used are national and international journals, books, and relevant research results. After the library data has been collected, the authors arrange and sort them into new findings or new footholds. The results of this study indicate that good training must have the first principles of training, namely (1) individual differences; (2) student specifications; (3) student motivation; (4) active participation; (5) student selection; (6) teacher selection; (7) teacher competence; (8) training methods; and (9) the principle of learning. Second, to determine the characteristics of student sanity training, namely (1) having linguistic knowledge; (2) have non-linguistic knowledge; (3) have motivation; (4) have courage; (5) have self-confidence; (6) possessing media skills or information technology; (7) dominate the stage. Third, determine the profile of a formal presenter. To become a professional presenter with life skills orientation, a syntax in the form of OEKIER is required, namely Orientation, Exploration, Conceptual, Implementation, as well as Evaluation and Reflection. The conclusion of this research is that the principles, characteristics, and profiles of civic training are compiled based on a study of the curriculum and CPMK which have been compiled based on the student's needs to make civic skills a life skill. To become a professional presenter, linguistic and non-linguistic knowledge is needed, besides that, it must also be supported by supporting elements of the presenter, namely ethics, aesthetics, personal skills, social skills, academic skills, and vocational skills. The process of making it happen is carried out by sanity training with the OEKIER syntax steps (Orientation, Exploration, Conceptualization, Implementation, Evaluation and Reflection).

Downloads

Published

2022-01-05

Issue

Section

Articles