Inovasi Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Pendidikan Abad 21

Authors

  • Leli Nisfi Setiana Universitas Negeri Semarang
  • Agus Nuryatin Universitas Negeri Semarang
  • Teguh Supriyanto Universitas Negeri Semarang
  • Nas Haryati Setyaningsih Universitas Negeri Semarang

Keywords:

media pembelajaran bahasa, sastra indonesia, pendidikan abad 21, Indonesian language, literature learning media, 21st century education

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital. Pendidikan abad 21 menjadi tonggak perubahan besar dalam berbagai bidang sektor kehidupan, tak terkecuali bidang pendidikan. Semakin berkembangnya teknologi masa depan, sehingga masyarakat perlu berbenah dan mampu beradaptasi dengan cepat. Media pembelajaran menjadi satu diantara beberapa perangkat pembelajaran yang sangat penting bagi seorang pendidik. Penggunaan media pembelajaran berbasis digital di abad 21 menjadi sebuah keharusan yang wajib diketahui dan dimiliki oleh setiap pengguna media pembelajaran yaitu pendidik dan peserta didik. Pentingnya media pembelajaran seperti halnya jantungnya sebuah proses belajar mengajar yang akan memberikan dampak besar berupa positif dan atau negatif terhadap peserta didik. Inovasi media dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat terwujud dalam beberapa aplikasi yaitu aplikasi poetry, aplikasi messi, aplikasi teprodiwa, dan aplikasi marbel teksi. Keempat inovasi media pembelajaran tersebut terbukti dapat menambah pengetahuan pendidik, menarik perhatian peserta didik, dan sangat fleksibel karena dapat tersimpan di HP.

Abstract. The purpose of this study is to describe digital-based Indonesian language and literature learning media. 21st century education is a milestone for major changes in various sectors of life, including education. The development of future technology, so people need to improve and be able to adapt quickly. Learning media is one of several learning tools that are very important for an educator. The use of digital-based learning media in the 21st century is a must that must be known and owned by every user of learning media, namely educators and students. The importance of learning media is like the heart of a teaching and learning process that will have a large positive and or negative impact on students. Media innovation in learning Indonesian language and literature can be realized in several applications, namely poetry applications, messi applications, teprodiwa applications, and taxi marbel applications. The four learning media innovations have been proven to increase the knowledge of educators, attract the attention of students, and are very flexible because they can be stored on cell phones.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles