Studi Literatur: Analisis Penerapan dan Pengembangan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Jurnal Nasional dan Internasional

Authors

  • Suhud Aryana Universitas Negeri Semarang

Keywords:

analisis dan pengembangan, penilaian autentik, kurikulum 2013, analysis and development, authentic assessment, curriculum 2013

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang bertujuan menganalisis beberapa temuan dari hasil artikel, jurnal dan prosiding penelitian sebelumnya. Tujuan analisis ini mengacu pada penerapan dan pengembangan penilaian autentik kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif melalui cara menganalisis, mengidentifikasi, serta mendalami temuan-temuan dari hasil penelitian sebelumnya. Objek penelitian ini adalah jurnal, artikel dan prosiding pada yang diterbitkan pada tingkat nasional dan internasional. Singkat kata, hasil dari penelitian ini menunjukkan dua kategorisasi analisis yang pertama, kategori penerapan ditemukan bahwa masih ada guru yang mengalami beberapa kesulitan sehingga dibutuhkan pengarahan khusus melalui workshop atau seminar terkait penilaian autentik yang mengacu pada tiga aspek afektif, kognitif dan psikomotor penilaian. Akan tetapi, sebagai penelitian yang menunjukkan penerapan penilaian autentik ini guru merasa cukup terbantu menilai ketercapaian siswa dalam belajar. Kategori kedua yaitu pengembangan, hasil dari beberapa pengembangan penilaian autentik dari beberapa peneliti menunjukkan hasil bahwa penilaian autentik ini dapat diterima oleh guru, siswa, dosen maupun mahasiswa untuk menilai kemampuan sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam belajar. Ini terbukti bahwa suatu penelitian dan pengembangan penilaian autentik dari beberapa inovasi penerapan dapat diterima dengan baik, efektif dan efisien.

Abstract. This research was conducted literature study that aims to analyze several findings from the results of articles, journals and proceedings of previous studies. The purpose of this analysis refers to the application and development of assessments using the 2013 curriculum. This research is a qualitative method with a descriptive design through analyzing, identifying, and exploring the findings of previous research. The objects of this research are journals, articles and proceedings published at national and international levels. In short, the results of this study show two categorizations, the first analysis, the application category, it was found that there were still teachers who experienced some difficulties so that special guidance was needed through workshops or seminars related to authentic assessment which refers to three aspects of affective, cognitive and psychomotor. However, as research shows authentic assessment, teachers find it quite helpful to assess student achievement in learning. The second category is development, the result of several authentic developments from several researchers. The results that are authentic can be accepted by teachers, students, lecturers as well as to assess the ability of attitudes, knowledge and skills in learning. It is proven that an authentic research and development of several application innovations can be well received, effective and efficient.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles