Pendekatan Nilai Profetik pada Assesment Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Nilai Humanisasi)

Authors

  • Azam Hanif Adin Universitas Negeri Semarang
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Semarang
  • Joko Sutarto Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Lestari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pendidikan karakter, nilai profetik, assesment karakter, nilai humanisasi, kuntowijoyo

Abstract

Abstrak. Pendidikan Karakter menjadi sebuah wacana dan perhatian berbagai pihak selama beberapa dekade. Termasuk salah satunya Presiden Joko Widodo yang membawa revolusi mental. Gagasan Pendidikan Karakter membuka luas diskursus tentang bagaimana menanamkan moral value kepada peserta didik. Pandemi Covid 19 dan digitalisasi membawa kondisi proses belajar berubah 180 derajat. Kajian pendidikan modern mengarah kepada perspektif baru, sebuah wacana pendidikan karakter melalui pendekatan profetik. Humanisasi, liberasi, dan transendensi menjadi tafsiran kuntowijoyo akan frasa Nilai Profetik. Manusia yang diciptakan sesuai dengan khodrat Yang Maha Esa untuk mengurus bumi dan menyembah kepada Tuhannya. Konsep penilaian karakter yang sederhana dan berkonsep kuat menjadi sebuah dambaan dari pelaksana pendidikan dan orang tua. Nilai Profetik menjadi sebuah gagasan transformasi nilai sosial khas Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi pustaka dengan pendekatan uji sample. Data yamg diperoleh dari studi pustaka akan dideskripsikan dengan data lainnya. Merangkai sebuah model penilaian karakter dengan pendekatan Nilai Profetik Kuntowijoyo. Peran tenaga kependidikan tidak hanya memberikan pembelajaran saja, namun kekuatan emosional dan keteladanannya mampu mempengaruhi proses pendidikan peserta didik secara kolektif. Humanisasi dipandang perlu untuk muncul ditengah masyarakat yang saat ini mengalami dehumanisasi, agresif, dan penyendiri. Sehingga Kuntowijoyo mengajukan manusia humanis yang berorientasi kepada Tuhan dengan mengangkat martabat manusia. Penilaian pendidikan bisa didefinisikan sebagai sebuah sistem kolektif untuk mengumpulkan informasi mengenai kualitas dan perkembangan peserta didik. Konsep Penilaian pendidikan karakter berdasarkan nilai profetik kuntowijoyo menjadi salah satu gagasan yang menarik untuk terus dikembangkan. Selain karena sederhana tetapi juga diharapkan mampu untuk menjebatani definisi dari pendidikan karakter itu sendiri di lingkungan kependidikan

Abstract. Character education has become a discourse and attention of various parties for decades. Including one of them, President Joko Widodo, who brought a mental revolution. The idea of ​​Character Education opens a wide discourse on how to instill moral values ​​in students. The Covid-19 pandemic and digitalization have brought the conditions of the learning process to a 180 degree turn. Modern education studies lead to a new perspective, a discourse on character education through a prophetic approach. Humanization, liberation, and transcendence are Kuntowijoyo's interpretation of the phrase Prophetic Values. Humans were created in accordance with the nature of the Almighty to take care of the earth and worship their Lord. The concept of character assessment which is simple and has a strong concept has become a dream of educators and parents. The Prophetic Value became an idea for the transformation of Indonesian social values. The research method used is a literature study with a sample test approach. The data obtained from the literature study will be described with other data. Assemble a character assessment model with Kuntowijoyo's Prophetic Values ​​approach. The role of education personnel is not only to provide learning, but their emotional strength and example are able to influence the collective education process of students. Humanization is deemed necessary to emerge in the midst of a society that is currently experiencing dehumanization, aggression, and aloofness. So Kuntowijoyo proposes a humanist human being oriented to God by elevating human dignity. Educational assessment can be defined as a collective system for gathering information about the quality and development of learners. The concept of character education assessment based on Kuntowijoyo's prophetic values ​​is an interesting idea to continue to develop. Apart from being simple, it is also expected to be able to bridge the definition of character education itself in the educational environment.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles