Tanggapan Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Program Tutorial Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi

Authors

  • Asa Bani Putria Universitas Negeri Semarang
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

tanggapan mahasiswa, sistem manajemen pembelajaran, google classroom, tutorial bahasa inggris, students’ responses, learning management system, google classroom, English course

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memudahkan para instruktur bahasa Inggris untuk menggunakan berbagai macam media dalam proses belajar mengajar. Instruktur dapat memanfaatkan sistem ruang kelas virtual tidak berbayar dan juga internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran program Tutorial Bahasa Inggris menggunakan ruang kelas virtual. Penelitian ini menggunakan sistem Google Classroom. Sampel penelitian ini adalah 53 mahasiswa semester 3 angkatan 2019 dari program studi yang berbeda di salah satu Perguruan Tinggi Islam swasta di Semarang. Mahasiswa-mahasiswa tersebut mengikuti program Tutorial Bahasa Inggris dengan total 14 pertemuan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan penelitian survey dan kuesioner sebagai instrumennya. Hasil kuesioner menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan Google Classroom dapat berjalan baik dengan persentase 73% untuk indikator performa Google Classroom dan 74% untuk indikator kemudahan pengoperasian Google Classroom. Ada beberapa kendala yang mahasiswa temui selama penggunaan Google Classroom. Salah satunya adalah terlambatnya pemberitahuan yang masuk di email. Penelitian ini juga memberikan saran kepada pengguna Google Classroom lainnya untuk meminimalisir kendala yang dialami oleh mahasiswa, contohnya dengan mengintegrasikan sistem ini dengan aplikasi lainnya

Abstract. The rapid development of technology makes it easier for English instructors to use various media in their teaching and learning process. Instructors can take advantages from free virtual classroom systems as well as the internet. This study aims to find out how students respond to the teaching and learning process of the English Tutorial Program using virtual classrooms. This study uses the Google Classroom system. The samples of this study are 53 3rd semester students’ class of 2019 from different study programs at an Islamic Private University in Semarang. The students attend an English Tutorial Program with a total of 14 meetings. The research method of this study is quantitative which uses survey research and questionnaire as the instrument. The results of the questionnaire state that the teaching and learning process using Google Classroom can run well with a percentage of 73% for Google Classroom performance indicator and 74% for the ease of operating Google Classroom indicator. There are several obstacles that students encounter while using Google Classroom. One of them is the late notification they get in their email. This study also provides suggestions to other Google Classroom users to minimize the obstacles experienced by students, for example by integrating this system with other applications.

Downloads

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles