Strategi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Authors

  • Parwati Dewi Jatiningtyas Universitas Negeri Semarang
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

asesmen, strategi, masa pandemi covid-19, assessment, strategy, covid-19 pandemic period

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi guru dalam melakukan penilaian kelas selama pandemi covid 19 di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Baler Bale Agung dari Mei hingga Juni 2021. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki strategi untuk menerapkan pelajaran matematika untuk memberikan gambaran yang realistis tentang kemampuan siswa, karena pendidikan hanya berfokus pada penilaian kemampuan kognitif siswa selama pandemi COVID-19. Strategi pengajaran yang digunakan oleh guru adalah pengajaran tatap muka; penilaian berdasarkan tugas harian siswa; penilaian berdasarkan pengalaman siswa; merujuk pada transkrip nilai semester sebelumnya. Karena guru memiliki kebebasan untuk terlibat dengan siswa selama pandemi Covid19, guru membutuhkan strategi pengajaran yang dapat membantu guru melakukan penilaian holistik yang mencerminkan kemampuan dunia nyata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru untuk mencapai hasil belajar di masa pandemi saat ini efektif ketika mengetahui kapasitas siswa yang sebenarnya, dengan syarat siswa tidak harus mengerjakan tugas yang diberikan guru melalui bentuk jarak, tetapi juga dapat dilakukan oleh siswa.

Abstract. This study aims to explain teacher strategies in conducting classroom assessments during the Covid 19 pandemic in elementary schools. This research was conducted at SD Negeri 1 Baler Bale Agung from May to June 2021. Data collection for this study was carried out through observation, interviews, and documentation. After the data is collected, qualitative analysis is then carried out. The results of this study indicate that teachers have strategies to apply mathematics lessons to provide a realistic picture of students' abilities, because education only focuses on assessing students' cognitive abilities during the COVID-19 pandemic. The teaching strategy used by the teacher is face-to-face teaching; assessment based on students' daily assignments; assessment based on student experience; refer to the transcript of the previous semester. Because teachers have the freedom to engage with students during the Covid19 pandemic, teachers need teaching strategies that can help teachers conduct holistic assessments that reflect students' real-world abilities. which is actually on the condition that students do not have to do the tasks given by the teacher through the form of distance but can also be done by students.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles