Pengembangan Media Multi Interaktif Flash Player pada Pembelajaran Zakat untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Authors

  • Muhammad Reza Universitas Negeri Semarang
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pengembangan, multimedia interaktif, pemahaman siswa, zakat, development, interactive multimedia, student understanding, zakat

Abstract

Abstrak. Era globalisasi kemajuan keilmuan dan teknologi menghadirkan manfaat guru dalam proses belajar mengajar. Zakat merupakan pembelajaran yang membutuhkan metode khusus agar dapat memberikan pemahaman kepada siswa. Artikel ini membahas pengembangan media interaktif flash player untukĀ  mendeteksi pemahaman siswa pada pelajaran zakat. Hasil akhir dari artikel ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif flash player pada pembelajaran zakat valid dalam meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian ADDIE dengan tahapan Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementasi dan Evaluation (Evaluasi). Teknik analisis data dengan menggunakan kuantitatif dan deskriptif kualitatif melalui angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angket respon dan format wawancara. Subjek penelitian adalah 3 tim ahli, 1 guru dan 12 siswa kelas VII sekolah menengah pertama. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan teknik Method of Summated Ratings. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak dengan persentase N-gian 3,94, segi kepraktisan media interaktif flash player mendapat nilai N-gian 4,3 dan segi efektifan memperoleh N-gian . Kesimpulan akhir menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan pemahaman dengan N-gian 0,67 yang dikategorikan dalam kategori sedang setelah pembelajaran menggunakan media interaktif flash player.

Abstract. The era of globalization of scientific and technological progress presents the benefits of teachers in the teaching and learning process. Zakat is learning that requires special methods in order to provide understanding to students. This article discusses the development of interactive media flash player to detect students' understanding of zakat lessons. The final result of this article is to produce an interactive flash player learning media on zakat learning that is valid in improving students' understanding. This type of research is Research and Development using the ADDIE research model with the stages of Analyze (Analysis), Design (Design), Development (Development), Implementation and Evaluation (Evaluation). Data analysis techniques using quantitative and qualitative descriptive through questionnaires and interviews. The instruments used are validation sheets and questionnaire responses and interview formats. The research subjects were 3 expert teams, 1 teacher and 12 grade VII junior high school students. The data obtained is qualitative data and then converted into quantitative data using the Method of Summated Ratings technique. The results showed that the developed media was declared feasible with an N-gian percentage of 3.94, in terms of practicality of interactive flash player media, it got an N-gian value of 4.3 and in terms of effectiveness it obtained an N-gian. The final conclusion shows that students experience an increase in understanding with an N-gian of 0.67 which is categorized in the moderate category after learning using the interactive flash player media.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles