Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca <p><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1546412558" target="_blank" rel="noopener">EISSN 2686-6404</a></p> en-US [email protected] (Ghanis Putra Widhanarto) [email protected] (Suminar) Mon, 24 Nov 2025 14:29:59 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Transformasi Mutu Pendidikan Keperawatan Menuju Reputasi Internasional Berbasis SDGs https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1586 <p class="p1">Perawat merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan, sehingga perguruan tinggi keperawatan memiliki peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia keperawatan yang unggul secara akademik dan klinis, adaptif, serta berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi transformasi yang efektif dalam memperkuat reputasi internasional perguruan tinggi keperawatan berbasis SDGs. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka terhadap berbagai sumber ilmiah, termasuk buku, artikel jurnal, laporan penelitian, dan dokumen kebijakan. Data diperoleh melalui Google Scholar dari 18 studi empiris yang terbit dalam sepuluh tahun terakhir (2016–2025) serta 9 dokumen kebijakan pemerintah. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu pendidikan keperawatan dalam perspektif SDGs meliputi internasionalisasi kurikulum dan pedagogi, peningkatan kualitas dosen dan instruktur klinik, penyediaan lahan praktik yang berkualitas, penguatan tata kelola dan kebijakan institusi, pemenuhan sarana pembelajaran, penguatan penelitian dan publikasi, penyediaan sumber daya finansial yang memadai, kemitraan dengan industri dan layanan kesehatan, serta peningkatan seleksi mahasiswa. Secara keseluruhan, strategi tersebut dapat mendorong terwujudnya sistem pendidikan keperawatan yang lebih adaptif, berkelanjutan, dan berdaya saing internasional.</p> Yuda Ayu Timorita, Agus Wahyudin Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1586 Mon, 20 Oct 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Komitmen Guru terhadap Kinerja dan Dampaknya terhadap Kualitas Pendidikan Nasional dalam Konteks Pencapaian SDGs 4 (Quality Education) https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1571 <p>Peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu fokus utama dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-4, yaitu Quality Education. Dalam konteks tersebut, guru memiliki peran strategis sebagai agen utama perubahan pendidikan, di mana komitmen profesional menjadi faktor penentu kinerja yang berdampak langsung pada mutu pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara komitmen guru dan kinerja guru serta implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan nasional. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kajian literatur (literature review) dengan menelaah berbagai hasil penelitian empiris, buku ilmiah, dan artikel akademik yang relevan dengan bidang manajemen pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Hasil kajian menunjukkan bahwa komitmen guru yang meliputi dimensi afektif, normatif, dan berkelanjutan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Guru dengan komitmen tinggi cenderung lebih inovatif, adaptif terhadap perubahan, dan memiliki tanggung jawab profesional yang kuat. Implikasi dari temuan ini menegaskan bahwa penguatan komitmen guru melalui dukungan kelembagaan, pelatihan berkelanjutan, dan kebijakan yang menumbuhkan kesejahteraan profesi merupakan strategi penting untuk mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu dan berdaya saing global. Secara ilmiah, hasil kajian ini memperkaya pemahaman tentang peran komitmen dalam peningkatan kinerja guru, sedangkan secara praktis memberikan arah kebijakan bagi lembaga pendidikan dalam pengembangan profesionalisme guru.</p> Bunyamin Bunyamin, Suwito Eko Pramono, Eko Handoyo Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1571 Mon, 20 Oct 2025 00:00:00 +0700