Integration of Physical Activity and Mindfulness to Improve Students' Mental Health Integrasi Aktivitas Fisik dan Mindfulness untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Peserta Didik

Authors

  • Michael Johannes Hadiwijaya Louk Universitas Negeri Semarang
  • Salmon Runesi Universitas Negeri Semarang
  • Sylvana Yaka Saputra Universitas Negeri Semarang
  • Andy Widhiya Bayu Utomo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Aktivitas fisik, Mindfullness, Kesehatan Mental

Abstract

Kesehatan mental peserta didik merupakan isu yang semakin mendapatkan perhatian di kalangan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi aktivitas fisik dan mindfulness sebagai strategi untuk meningkatkan kesehatan mental siswa. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 150 siswa di berbagai sekolah menengah atas di kota kupang dengan menggunakan kuesioner yang mengukur tingkat aktivitas fisik, mindfulness, dan indikator kesehatan mental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi aktivitas fisik dan praktik mindfulness secara signifikan meningkatkan kesejahteraan psikologis, mengurangi tingkat stres, serta meningkatkan fokus belajar. Temuan ini memberikan dasar bagi pengembangan program intervensi yang lebih holistik dalam konteks pendidikan.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles