PENILAIAN HOTS SEKOLAH DASAR

Authors

  • Cayoto Cayoto Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Priyono Universitas Negeri Semarang
  • Fajar Awang Irawan Universitas Negeri Semarang
  • Cahyo Yuwono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Penilaian, HOTS, PJOK, Sekolah Tingkat Dasar

Abstract

Ketrampilan berpikir Tingkat tinggi (HOTS) merupakan kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh seorang guru, terutama dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan HOTS dalam penilaian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Mengukur HOTS guru dalam membuat penilaian melalui wawancara, penelusuran dokumen kemudian menganalisis hasil wawancara dan penelusuran dokumen melalui skala Likert. Instrumen lain yang digunakan adalah angket respon guru dan lembar observasi untuk mengukur kemampuan guru dalam penerapan penilaian HOTS. Penelitian ini dilakukan pada 33 responden guru mata Pelajaran PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Analisis data menggunakan triangulasi data dengan desain penelitian: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penilaian (asessmen) HOTS dalam kategori baik, sebagian besar guru sudah melaksanakan penilaian, tetapi ada beberapa guru perlu mendapat perhatian khusus. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu responden masih berada dalam satu wilayah, serta minimnya insikator yang dipakai dalam pengambilan data terutama yang berorientasi pada HOTS sesungguhnya. Penelitian selanjutnya bisa mengembangkan indikator yang benar-benar mengarah indikator HOTS.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles