TREN PENELITIAN DAN PRODUKTIVITAS BIDANG PENDIDIKAN JASMANI DI INDONESIA: ANALISIS BIBLIOMETRIK

Authors

  • Andi Anshari Bausad Universitas Negeri Semarang
  • Heny Setyawati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pendidikan Jasmani

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan salah satu bidang ilmu yang mencakup berbagai variabel dan sebagai topik penelitian, pertanyaan tentang trend dan produktivitas penulis Indonesia menjadi semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait penulis paling produktif, artikel dengan tema yang paling banyak di sitasi, tema yang paling banyak diteliti serta tema penelitian yang masih jarang diteliti sehingga memberikan peluang kepada peneliti untuk meneliti hal tersebut. Metode yang digunakan melibatkan analisis bibliometrik terhadap 191 artikel yang diunduh dari basis data Scopus menggunakan kata kunci “pendidikan jasmani.” Data dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer dan Publish or Perish untuk memvisualisasikan pola kolaborasi penulis, tren publikasi, kata kunci dominan, serta struktur sitasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi, terutama sejak tahun 2019, dengan tiga tema utama yang paling banyak diteliti yaitu kebugaran jasmani, aktivitas fisik, dan model pembelajaran. Selain itu, analisis kolaborasi menunjukkan bahwa Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Padang merupakan dua institusi paling produktif dengan kolaborasi aktif dalam penelitian pendidikan jasmani. Beberapa topik baru seperti literasi fisik, pendidikan karakter, dan integrasi teknologi mulai mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian pendidikan jasmani di Indonesia menunjukkan tren positif dengan peningkatan produktivitas dan keragaman topik. Diperlukan dukungan lebih lanjut dalam bentuk pendanaan dan infrastruktur penelitian untuk memperkuat kolaborasi dan memperluas fokus pada tema-tema yang masih kurang dieksplorasi, seperti pendidikan jasmani inklusif dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles