Hubungan antara Aktivitas Fisik, Fungsi Kognitif, dan Prestasi Akademik Siswa

Authors

  • Salmon Runesi Universitas Negeri Semarang
  • Michael Johannes Hadiwijaya Louk Universitas Negeri Semarang
  • Andy Widhiya Bayu Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Sylvana Yaka Saputra Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Aktivitas fisik, fungsi kognitif, prestasi akdemik

Abstract

Aktivitas fisik, fungsi kognitif, dan prestasi akademik merupakan aspek penting dalam perkembangan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya perhatian terhadap dampak positif aktivitas fisik terhadap fungsi otak dan performa belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara aktivitas fisik, fungsi kognitif, dan prestasi akademik siswa sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei dan tes. Partisipan terdiri dari 200 siswa sekolah menengah yang dipilih secara acak. Data tentang aktivitas fisik dikumpulkan melalui kuesioner frekuensi olahraga, sementara fungsi kognitif diukur menggunakan tes kognitif standar. Prestasi akademik diukur berdasarkan nilai rapor semester terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif siswa (r = 0,45, p < 0,01). Selain itu, fungsi kognitif juga memiliki hubungan signifikan dengan prestasi akademik (r = 0,52, p < 0,01). Secara tidak langsung, aktivitas fisik berkontribusi terhadap prestasi akademik melalui peningkatan fungsi kognitif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa aktivitas fisik berperan penting dalam mendukung fungsi kognitif dan prestasi akademik siswa. Oleh karena itu, integrasi program olahraga yang terstruktur dalam kurikulum sekolah dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles