STRATEGI PEMASARAN PACUAN KUDA DI KAMPUNG COWBOY TERHADAP PEREKONOMIAN DESA TEGAL WATON KABUPATEN SEMARANG DAN DAMPAK MENTAL SISWA SEBAGAI JOKI

Authors

  • Suwarno Suwarno SMA Negeri 1 Pabelan
  • Ricky Wirasasmita Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Amin Pujiati Universitas Negeri Semarang
  • Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti Universitas Negeri Semarang
  • Heny Setyawati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Strategi pemasaran, pacuan kuda, perekonomian, mental siswa

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan sumber daya, kurangnya koordinasi antara pemangku kepentingan, dan rendahnya kesadaran akan pentingnya startegi pemasaran pacuan kuda di kampung Cowboy. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi, mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang efektif untuk memaksimalkan potensi olahraga Pacuan kuda di kampung Cowboy di Desa Tegal Waton Kabupaten Semarang, dalam konteks industri pariwisata, dan dampak mental siswa sebagai joki. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi potensi, tantangan dalam memasarkan olahraga pacuan kuda sebagai daya tarik pariwisata lokal dan mancanegara di pacuan kuda di kampung Cowboy. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan terkait, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian memberikan wawasan yang mendalam tentang strategi dinamika manajemen pemasaran pacuan kuda di kampung Cowboy terhadap perekonomian di Desa Tegal Waton Kabupaten Semarang serta menyusun rekomendasi strategis untuk pengembangan lebih lanjut. Kesimpulan penelitian ini bahwa pacuan kuda di Kampung Cowboy di Desa Tegal Waton, Kabupaten Semarang, memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai atraksi budaya dan olahraga unggulan. Pacuan kuda di kampung Cowboy memberikan dampak perekomian yang baik bagi masyarakat di desa Tegal Waton Kabupaten Semarang sebagai salah satu sumber perekonomian dan dampak mental siswa sebagai joki menjadi pemberani, ulet, sehat dan cerdas. Perekonomian di kampung Cowboy menjadi baik dan meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik. Kontribusi penelitian ini terhadap ilmu pengetahuan adalah menemukan strategi pemasaran pacuan kuda di kampung Cowboy terhadap perekonomian di sekitar.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles