EFEKTIFITAS PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS OUTDOOR ACTIVITY TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ztella Rumawatine Universitas Negeri Semarang
  • Petra P Ritiauw Universitas Pattimura
  • Salmon Runesi Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Outdoor Activity, Karakter Siswa

Abstract

Pendidikan jasmani berbasis outdoor activity (kegiatan luar ruangan) merupakan pendekatan yang diharapkan dapat meningkatkan karakter siswa secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendidikan jasmani berbasis outdoor activity terhadap pendidikan karakter siswa sekolah dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V SD di Kota dobo yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti program pendidikan jasmani berbasis outdoor activity dan kelompok kontrol yang mengikuti program pendidikan jasmani konvensional. Data dianalisis menggunakan uji t test untuk melihat perbedaan signifikan pada karakter siswa sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan jasmani berbasis outdoor activity memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan karakter siswa. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles