Perbandingan Dampak Aktivitas Fisik Individu dan Kelompok terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik
Keywords:
Kesehatan Mental, Aktivitas Fisik Individu, Aktivitas Fisik Kelompok, Dukungan Sosial, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini mengkaji perbandingan dampak aktivitas fisik individu dan kelompok terhadap kesehatan mental peserta didik. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya perhatian terhadap kesehatan mental pelajar, terutama terkait stres, kecemasan, dan depresi. Dengan pendekatan kuantitatif berbasis desain eksperimen pretest-posttest, penelitian melibatkan 60 peserta didik yang terbagi dalam kelompok individu dan kelompok. Data diperoleh melalui kuesioner kesehatan mental yang divalidasi, serta pengukuran aktivitas fisik dengan pedometer. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas fisik kelompok lebih efektif meningkatkan kesehatan mental dibandingkan aktivitas individu, dengan peningkatan rata-rata skor kesehatan mental sebesar 21,6% untuk kelompok
dibandingkan 12,7% pada individu. Selain itu, aktivitas kelompok lebih signifikan menurunkan skor kecemasan, depresi, dan stres. Faktor sosial seperti dukungan dan interaksi antarindividu menjadi aspek kunci yang membedakan dampak aktivitas kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas fisik kelompok memberikan manfaat kesehatan mental lebih besar melalui mekanisme dukungan sosial, meningkatkan rasa keterhubungan, dan mendorong partisipasi lebih tinggi. Hasil ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang program olahraga yang mendukung kesehatan mental peserta didik.