PENINGKATKAN KETERAMPILAN LAY-UP BOLA BASKET: MANAKAH YANG LEBIH EFEKTIF PEMBELAJARAN GERAK DENGAN UMPAN BALIK VERBAL LANGSUNG ATAU VERBAL TERMINAL?

Authors

  • Fajar Hidayatullah STKIP PGRI Bangkalan
  • Heny Setyawati Universitas Negeri Semarang
  • Donny Wira Yudha Kusuma Universitas Negeri Semarang
  • Sulaiman Sulaiman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Gerak, Umpan Balik, Bola Basket, Lay Up

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efektivitas dua jenis umpan balik yaitu verbal langsung dan verbal terminal terhadap penguasaan keterampilan lay-up bola basket. Menggunakan desain eksperimen, peserta dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing menerima satu jenis umpan balik selama sesi latihan. Kelompok umpan balik verbal langsung menerima koreksi yang diucapkan secara langsung, sementara kelompok umpan balik terminal hanya menerima umpan balik setelah menyelesaikan upaya latihan mereka. Temuan penelitian ini, yang dianalisis melalui uji t sampel independen, menunjukkan bahwa umpan balik verbal langsung menghasilkan peningkatan yang lebih signifikan dalam kinerja lay-up dibandingkan dengan umpan balik terminal. Secara khusus, kelompok umpan balik verbal menunjukkan skor peningkatan rata-rata 1,5 poin lebih tinggi dibandingkan kelompok umpan balik terminal, dengan nilai p kurang dari 0,05, yang menegaskan signifikansi statistik hasil tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa umpan balik korektif yang segera memfasilitasi penguasaan keterampilan motorik yang lebih baik dibandingkan dengan umpan balik yang tertunda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan umpan balik verbal langsung ke dalam program pelatihan dapat secara substansial meningkatkan pengembangan keterampilan atlet. Umpan balik yang diberikan secara langsung memungkinkan peserta untuk segera memahami dan memperbaiki kesalahan dalam gerakan mereka, sehingga memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih cepat dan efektif. Sebaliknya, umpan balik yang tertunda hanya diberikan setelah latihan selesai, yang dapat mengurangi kesempatan untuk melakukan koreksi secara langsung pada saat keterampilan sedang dieksekusi. Temuan ini mendukung teori bahwa penguatan segera dalam bentuk umpan balik verbal langsung dapat mempercepat penguasaan keterampilan motorik, terutama dalam konteks olahraga yang memerlukan akurasi dan koordinasi gerakan yang tinggi. Penelitian ini menyoroti pentingnya umpan balik segera dalam pelatihan olahraga dan menyarankan aplikasi praktis bagi pelatih dan instruktur dalam mengoptimalkan sesi latihan untuk meningkatkan capaian pembelajaran gerak.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles