Analisis Tantangan dan Peluang Pendidikan Jasmani Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Authors

  • Dita Cahya Puspitaningrum Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Tantangan dan peluang, kurikulum, Pendidikan jasmani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang yang terkait dengan integrasi pendidikan jasmani dalam kurikulum pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai hambatan serta keuntungan yang muncul dari penerapan pendidikan jasmani dalam kurikulum sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis literatur dengan pendekatan yang mendalam terhadap berbagai sumber yang relevan mengenai topik integrasi pendidikan jasmani dalam kurikulum pendidikan dasar. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menemukan pola, tren, serta temuan utama terkait tantangan dan peluang integrasi tersebut. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu pembelajaran, dominasi mata pelajaran akademik, dan kualifikasi guru yang belum memadai, terdapat pula peluang besar yang dapat diperoleh, di antaranya peningkatan kesehatan siswa, pengembangan keterampilan sosial, dan perbaikan kinerja akademik melalui integrasi yang tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang terencana dengan baik serta komitmen yang kuat dari semua pihak terkait untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan mengoptimalkan potensi integrasi pendidikan jasmani dalam kurikulum pendidikan dasar.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles