SEREDU: APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KESEHATAN MELALUI PENDEKATAN DIGITAL GAME BASED LEARNING
Keywords:
Game Based Learning, Problem Based Learning, Penyakit tidak menular, Multimedia Digital StorytellingAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berketerampilan sesuai dengan perkembangan perubahan era kemajuan teknologi dan informasi. Untuk mewujudkan hal tersebut,
pembelajaran harus mengusung konsep yang terbarukan dan menggambarkan permasalahan masa kini, utamanya mengenai pengetahuan terkait penyakit tidak menular. Oleh karena itu, SEREDU : Aplikasi Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Melalui Pendekatan Digital Game Based Learning hadir sebagai solusi inovatif pembelajaran modern yang mengusung konsep Problem Based Learning sehingga dapat memberikan gambaran apa yang menyebabkan tingginya angka penyakit tidak menular di Indonesia. Selain itu, SEREDU hadir sebagai wahana bermain anak sambil beraktifitas melalui tantangan aktifitas fisik. Peran guru yang belum maksimal dalam menyampaikan pendidikan kesehatan dapat terbantu oleh SEREDU. Media pembelajaran SEREDU memakai strategi pembelajaran berdasarkan Multimedia digital storytelling, pendekatan integeratif, metode pembelajaran Game Based Learning dan tantangan aktifitas fisik. Hasil dari implementasi media pembelajaran inovatif SEREDU akan memberikan pengalaman nyata terkait permasalahan kesehatan yang umum dijumpai oleh anak kelas 6 SD (Problem Based Learning). Dalam hal ini, peran guru bukan hanya sebagai pengawas saja, namun sebagai pemberi materi dan penjelasan terkait pilihan jawaban oleh peserta didik sehingga terbentuk lingkungan yang positif untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular.