Efektivitas Pembelajaran PJOK dalam Meningkatkan Kebugaran Fisik Siswa: Tinjauan Literatur
Keywords:
Pembelajaran PJOK, Kebugaran Fisik, SiswaAbstract
Kebugaran fisik sangat penting untuk kesehatan dan kualitas hidup, terutama bagi siswa usia sekolah yang sedang dalam fase pertumbuhan. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) sebagai bagian dari kurikulum pendidikan di Indonesia bertujuan untuk memberikan aktivitas fisik yang terstruktur dan berkelanjutan. Namun, tantangan modern seperti gaya hidup sedentari akibat teknologi menyoroti pentingnya optimalisasi PJOK untuk mendukung kebugaran siswa. Penelitian ini mengkaji hubungan antara pembelajaran PJOK dan kebugaran fisik melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dari lima artikel terbaru. Hasilnya menunjukkan bahwa efektivitas PJOK dipengaruhi oleh motivasi siswa, strategi inovatif seperti Problem-Based Learning (PBL), alokasi waktu yang cukup, perencanaan yang matang, dan metode pengajaran yang bervariasi. PJOK yang dirancang dengan baik meningkatkan daya tahan kardiorespirasi, kekuatan otot, fleksibilitas, dan koordinasi. Kajian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik untuk merancang program yang relevan dan efektif dalam meningkatkan kebugaran siswa.