Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Kesehatan Psikologis Peserta Didik Jenjang SMA : Systematic Literature Review

Authors

  • Ahmad Lukman Mufid Universitas Negeri Semarang
  • Danik Ulinnuha Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh aktivitas fisik bagi peserta didik di jenjang SMA sederajad. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model systematic literature review. Sumber yang digunakan berasal dari Google Scholar, Research Gate dan jurnal atau artikel yang relevan dengan judul penelitian mulai dari tahun 2021 hingga 2024. Kata kunci yang digunakan dalam mencari sumber adalah aktivitas fisik, kesehatan psikologis, kondisi psikologi peserta didik di jenjang SMA sederajad dan peserta didik SMA. Kesehatan psikologis peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan faktor penting yang memengaruhi perkembangan emosional, sosial, dan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas fisik terhadap kesehatan psikologis peserta didik SMA menggunakan pendekatan systematic literature review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik, baik dalam bentuk olahraga terorganisasi maupun aktivitas informal, berkontribusi pada peningkatan kesehatan psikologis, seperti mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan sosial peserta

didik. Diharapkan penelitian ini bisa di gunakan segai referensi kebijakan tenaga pendidik di Indonesia agar menambah aktivitas fisik di sekolah bukan hanya melalui pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan saja. Tenaga pendidik dapat mengajak peserta didik untuk belajar di luar ruangan dan lebih dekat dengan alam melalui aktivitas fisik yang menarik.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles