Digitalisasi Lembaga Olahraga Sebagai Pendukung Publikasi Dan Pemasaran Layanan Olahraga

Authors

  • Abi Fajar Fathoni Universitas Negeri Semarang

Keywords:

digitalisasi olahraga; publikasi; pemasaran; layanan olahraga; app shc

Abstract

Lembaga olahraga di Indonesia belum sepenuhnya melakukan publikasi dan pemasaran layanan jasa kepada masyarakat secara digital. Meskipun sebagian lembaga olahraga telah melakukan publikasi secara digital menggunakan media sosial umum, namun fitur yang tersedia belum sepenuhnya relevan dengan kebutuhan di bidang olahraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak publikasi dan pemasaran dengan melakukan digitalisasi lembaga olahraga melalui App SHC yang dirancang khusus untuk keperluan publikasi di bidang olahraga. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data tanggapan dari para pengelola lembaga olahraga sebanyak 108 orang yang sudah tergabung dalam App SHC. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1 sampai dengan 5. Data yang diperoleh diuji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua fitur pada App SHC memiliki dampak yang signifikan dan hubungan yang kuat dalam proses publikasi dan pemasaran lembaga olahraga. Sebagai kesimpulan, App SHC sangat sesuai digunakan untuk digitalisasi lembaga olahraga karena memberikan dampak yang kuat terhadap publikasi dan pemasaran lembaga olahraga.

Downloads

Published

2025-12-07

Issue

Section

Ilmu Keolahragaan