Media Augmented Reality Sebagai Bahan Ajar Pendukung Pada Materi Aktivitas Kebugaran Untuk Kesehatan Kelas VI

Authors

  • Wahyu Arbanisa Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Media; Augmented Reality; Bahan Ajar Pendukung

Abstract

Media pembelajaran menjadi alat bantu yang memvisualisasikan konsep gerak, teknik, serta nilai dalam pendidikan jasmani. Kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang dapat diakses melalui gadget, mendorong penelitian untuk menghasilkan model dan mengkaji keefektifan media augmented reality pada materi aktivitas kebugaran untuk kesehatan kelas VI. Penelitian ini menggunakan uji terbatas pada tahapan pengembangan produk dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil kualitas pengembangan media pada guru pendidikan jasmani, serta peserta didik kelas VI di SDN 4 Bebengan sebagai kelompok kecil dan SDN 7 Boja sebagai kelompok besar masuk kategori “sangat baik”. Pembelajaran pendidikan jasmani melalui media augmented reality pada materi aktivitas kebugaran untuk kesehatan kelas VI yang dikembangkan efektif dan praktis digunakan sebagai bahan ajar pendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-12-07

Issue

Section

Pendidikan Jasmani