Korelasi Gaya Belajar, Peran Orang Tua dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang
Keywords:
Gaya Belajar ; Peran Orang Tua ; Penggunaan Gadget ; Hasil BelajarAbstract
Hasil observasi dan wawancara di SMK Muhammadiyah 2 Semarang, diperoleh informasi bahwa guru belum bisa mengidentifikasi seluruh gaya belajar siswa, peranan orang tua yang acuh dan penggunaan gadget yang berlebihan menjadikan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian bertujuan mengetahui adakah korelasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 2 Semarang. Desain penelitian adalah pendekatan deskriptif korelasional melalui metode kuantitatif. Sampel penelitian seluruh siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket hasil penelitian adalah Terdapat korelasi gaya belajar terhadap hasil belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 26 %, Terdapat korelasi peran orang tua terhadap hasil belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 50 %, Terdapat korelasi penggunaan gadget terhadap hasil belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 24 %, Terdapat korelasi gaya belajar dan peran orang terhadap hasil belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 26 %, Terdapat korelasi gaya belajar dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 25 %, Terdapat korelasi peran orang dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 36 %, Terdapat korelasi peran orang, gaya belajar, dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar PJOK SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 70 %