HUBUNGAN AQUAPHOBIA DENGAN TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN RENANG

Authors

  • Vera Septi Sistiasih Universitas Negeri Semarang
  • Heny Setyawati Universitas Negeri Semarang
  • Setya Rahayu Universitas Negeri Semarang
  • Satrio Sakti R Universitas Tunas Pembangunan

Keywords:

aquaphobia, kecemasan, pembelajaran renang, perilaku siswa, adaptasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat aquaphobia dan tingkat kecemasan yang dialami siswa selama mengikuti pembelajaran renang. Sebanyak 17 siswa terlibat dalam penelitian ini dan diklasifikasikan ke dalam kategori aquaphobia berat (n = 4), sedang (n = 6), dan ringan (n = 7). Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, data diperoleh melalui skala pengukuran kecemasan dan observasi terstruktur selama tiga minggu sesi pembelajaran renang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat kecemasan yang signifikan pada setiap kategori, di mana siswa dengan aquaphobia berat mencatat skor kecemasan tertinggi (82,5), diikuti kategori sedang (64,2) dan ringan (43,7). Temuan ini diperkuat oleh observasi perilaku yang menunjukkan hambatan fisik dan emosional yang lebih kuat pada kelompok aquaphobia berat. Analisis korelasi Spearman menghasilkan nilai r = 0,78 yang mengindikasikan hubungan positif yang kuat antara tingkat aquaphobia dan kecemasan siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan strategi pembelajaran renang yang adaptif serta mendukung pengembangan model instruksional alternatif, termasuk pendekatan berbasis teknologi, untuk membantu mengurangi kecemasan siswa dengan aquaphobia tinggi.

Downloads

Published

2025-12-07

Issue

Section

Pendidikan Jasmani