Pengembangan Permainan Volton dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SDN Sembunghajro 01 Semarang

Authors

  • Enno Malik Ibrahim Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Permainan Volton ; Model ADDIE ; Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan penelitin yaitu untuk mengembangkan pembelajaran permainan net melalui permainan Volton sebagai upaya inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Permainan ini merupakan modifikasi dari unsur permainan bola voli dan tonnis yang di sederhanakan sehingga sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan kemampuan murid di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan uji ahli mata pelajaran, uji ahli media pembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik yang digunakan analisis adalah deskriptif kualitatif. Tanggapan ahli mata pelajaran memperoleh presentase 93% dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli media pembelajaran memperoleh presentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa permainan Volton untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan jasmani layak digunakan menurut uji ahli mata pelajaran, uji ahli media pembelajaran dan uji ahli desain pembelajaran karena sudah memenuhi kriteria sesuai ketentuan dan sudah melaksanakan tahapan model ADDIE secara keseluruhan. Saran peneliti permainan Volton dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang menarik, mudah diterapkan, dan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Downloads

Published

2025-12-07

Issue

Section

Pendidikan Jasmani