Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Pengembangan Kemampuan Motorik dan Karakter Murid Sekolah Dasar
Keywords:
permainan tradisional; pengembangan keterampilan motorik; pendidikan karakter; sekolah dasar; pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh permainan tradisional terhadap pengembangan keterampilan motorik dan karakter siswa sekolah dasar melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak enam belas artikel yang relevan dan terbit antara tahun 2017 hingga 2025 dianalisis menggunakan panduan PRISMA 2020. Hasil kajian menunjukkan bahwa permainan tradisional merupakan media pedagogis yang efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik dasar seperti berlari, melompat, melempar, dan koordinasi, dengan beberapa studi melaporkan peningkatan signifikan hingga 46,5%. Selain itu, permainan tradisional berperan penting dalam pembentukan karakter, terutama dalam menumbuhkan kerja sama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, empati, serta keterampilan komunikasi. Pembelajaran berbasis permainan juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa sehingga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Sintesis temuan ini menegaskan bahwa permainan tradisional tidak hanya relevan secara budaya, tetapi juga efektif secara pedagogis untuk diintegrasikan dalam pembelajaran PJOK pada Kurikulum Merdeka. Kajian ini menekankan perlunya pengembangan panduan pembelajaran yang terstruktur untuk mengintegrasikan pengembangan motorik dan karakter melalui permainan tradisional di lingkungan sekolah.