(PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERGAULAN BEBAS MELALUI MODEL PBL SISWA KELAS VIIIB DI SMPN 37 SEMARANG)

Authors

  • Mohamad Alif Fahmi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK materi pergaulan bebas melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMPN 37 Semarang tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari prasiklus yang telah memenuhi KKTP ada 6,06% lalu siswa yang telah memenuhi KKTP meningkat setelah siklus 1 menjadi 27,27% dan pada siklus 2 siswa yang telah memenuhi KKTP menjadi 90,90% dan nilai rata-rata siswa meningkat dari 46,30 pada kondisi awal menjadi 61,273 pada siklus I, dan 80,06 pada siklus II. Selain itu, partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Penerapan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya pergaulan bebas, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran PJOK. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model PBL sebagai alternatif metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, khususnya dalam materi yang berkaitan dengan isu-isu sosial dan kesehatan remaja.

Downloads

Published

2025-12-07

Issue

Section

Pendidikan Jasmani