Guru Hebat, Indonesia Kuat: Mengokohkan Peran Olahraga dalam Pendidikan
Keywords:
Guru hebat, olahraga, pendidikan karakter, Indonesia kuat, generasi mudaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK) atau Guru Olahraga dalam pendidikan di Indonesia dan dampaknya terhadap pengembangan karakter serta kesehatan siswa. Guru memiliki peran strategis dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga kuat secara fisik dan mental. Penelitian ini membahas bagaimana guru dapat memanfaatkan olahraga sebagai medium pendidikan karakter untuk mendukung visi "Guru Hebat, Indonesia Kuat". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan 10 guru olahraga dari sekolah dasar hingga menengah di dua wilayah di Jawa Barat: Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi dengan melakukan observasi kegiatan olahraga di sekolah, serta analisis dokumen kurikulum dan program ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga berkontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai disiplin, kerja sama, sportivitas, dan tanggung jawab pada siswa. Guru yang hebat mampu mengintegrasikan olahraga secara efektif ke dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial dan membangun karakter siswa. Namun, implementasi optimal masih terhambat oleh keterbatasan fasilitas olahraga dan kurangnya pelatihan guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum olahraga di Indonesia dan menekankan pentingnya dukungan kebijakan, pelatihan berkelanjutan, dan penyediaan sarana olahraga untuk memastikan peran olahraga dalam pendidikan dapat dimaksimalkan. Dengan pengelolaan yang baik, olahraga dapat menjadi alat strategis untuk membangun generasi muda yang sehat, tangguh, dan berdaya saing, mendukung misi Indonesia yang lebih kuat dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.