Modifikasi alat bantu bidang miring Terhadap hasil pembelajaran guling depan pada senam lantai (Studi pada siswa kelas VI SDN 03 Kalirandu tahun 2025)
Keywords:
bidang miring; senam lantai; guling depan; hasil belajar; pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi alat bantu bidang miring terhadap hasil pembelajaran guling depan pada senam lantai siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest, melibatkan 30 siswa kelas VI SDN 03 Kalirandu sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes keterampilan sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan alat bantu bidang miring selama empat kali pertemuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar, ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata dari 63,27 menjadi 82,47 dengan selisih 19,20 poin (30,34%). Uji t menunjukkan nilai t hitung (12,63) > t tabel (2,045) dengan p-value = 0,000 < 0,05, menandakan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan alat bantu bidang miring efektif dalam meningkatkan keterampilan teknis guling depan, mengurangi rasa takut, serta meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa.