Tinjauan Literatur tentang Fungsi Asesmen Awal dalam Perancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Keywords:
literature; asesmen awal ; perancangan ; pembelajaran; pendidikan jasmaniAbstract
Asesmen awal merupakan komponen krusial dalam perancangan pembelajaran Pendidikan Jasmani. Tujuan asesemen untuk meninjau secara sistematis berbagai model, instrumen, dan implementasi asesmen awal pada pembelajaran Pendidikan Jasmani berdasarkan 22 artikel nasional dan internasional yang relevan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan model PRISMA. Penelusuran dilakukan melalui Google Scholar, ERIC, SAGE Journals, dan ScienceDirect. Dari total 312 artikel yang ditemukan, 22 artikel memenuhi kriteria inklusi dan dianalisis lebih lanjut. Analisis data dilakukan melalui ekstraksi tema yang meliputi asesmen diagnostik, asesmen kebugaran jasmani, asesmen literasi fisik, penilaian autentik, penggunaan aplikasi digital, dan asesmen performa permainan (GPAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen awal berfungsi strategis dalam: (1) memetakan kemampuan dan kebutuhan siswa; (2) menentukan intensitas, jenis, dan target pembelajaran; (3) mengidentifikasi bakat, kekuatan, dan kelemahan siswa; (4) mendukung pembelajaran holistik yang melibatkan domain fisik, kognitif, afektif, dan sosial; serta (5) meningkatkan efektivitas pengajaran melalui instrumen digital dan observasional. Kesimpulan asesmen awal merupakan fondasi utama dalam desain pembelajaran Pendidikan Jasmani yang adaptif, berbasis bukti, dan responsif terhadap keragaman peserta didik. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan instrumen asesmen awal yang lebih komprehensif, valid, dan terintegrasi dengan teknologi digital agar dapat digunakan secara luas oleh guru Penjas di berbagai konteks pendidikan.