Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Game Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Di Sekolah Dasar

Authors

  • Tasya Aulia Rahma Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran berbasis game, SEM, TGfU, motivasi, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Game dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menelaah sepuluh jurnal nasional dan internasional dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Proses penelusuran dilakukan melalui beberapa database dengan kata kunci relevan dan menggunakan pedoman seleksi PRISMA. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis game, khususnya Sport Education Model (SEM) dan unit hibrida TGfU–SEM, terbukti mampu meningkatkan motivasi intrinsik, partisipasi belajar, dan minat siswa dalam pembelajaran PJOK. Pembelajaran yang didesain menyerupai pengalaman olahraga nyata, dengan rotasi peran seperti pemain, pelatih, wasit, maupun pengelola tim, mampu memenuhi kebutuhan psikologis dasar siswa sehingga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Selain itu, model ini terbukti fleksibel karena tetap efektif diterapkan baik dalam pembelajaran tatap muka, daring, maupun hybrid. Dengan demikian, pembelajaran berbasis game dapat menjadi strategi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di sekolah dasar serta mendorong sikap positif siswa terhadap aktivitas fisik.

Downloads

Published

2025-12-07

Issue

Section

Pendidikan Jasmani