PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK SMPN 1 SEMARANG

Authors

  • Adiba Idlal Shidqiya Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Tersiana Indraswari SMP Negeri 1 Semarang
  • Mulyono Mulyono Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning, Literasi Matematika, Keaktifan Peserta Didik

Abstract

Peserta didik masih kesulitan membaca simbol dan merumuskan model matematika sehingga berdampak pada rendahnya Literasi Matematika. Hal ini dibuktikan pada rata-rata asesmen diagnostik peserta didik di bawah KKM. Peserta didik juga cenderung pasif sehingga membutuhkan dorongan agar lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Literasi Matematika dan Keaktifan peserta didik kelas VII-H SMP Negeri 1 Semarang menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana siklus I dan siklus II tatap muka masing-masing dua pertemuan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai tes formatif siklus I dan siklus II berbentuk soal essay serta lembar observasi Keaktifan peserta didik oleh observer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Literasi Matematika mengalami peningkatan dari 28,6% pada siklus I menjadi 85,7% pada siklus II. Keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dari 45,9% dengan kategori rendah pada siklus I menjadi 81,1% dengan kategori tinggi pada siklus II. Sehingga Pembelajaran Berdiferensiasi dengan model PBL dapat meningkatkan Literasi Matematika dan Keaktifan belajar peserta didik kelas VII-H SMP Negeri 1 Semarang.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles