UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF CONFIDENCE SISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERDIFERENSIASI BERBANTUAN LIVEWORKSHEET
Keywords:
Project Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Liveworksheet, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Confidence.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran Project Based Learning Berdiferensiasi Berbantuan Liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan Self Confidence Siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana masingmasing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-F SMP Negeri 5 Semarang, yang terdiri dari 31 siswa dengan rincian 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan pemecahan masalah siswa dan angket Self Confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Project Based Learning Berdiferensiasi Berbantuan Liveworksheet Berkualitas dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan Self Confidence Siswa, meliputi tahap perencanaan dan pelaksanaan berkategori sangat baik, serta evaluasi hasil pembelajaran menunjukkan pembelajaran efektif, meliputi kemampuan pemecahan masalah matematika dan Self Confidence siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus 1 sebesar 55% dengan rata-rata nilai 78,7 menjadi 90% dengan rata-rata nilai 87,6 pada siklus 2. Lebih lanjut, peningkatan Self Confidence siswa pada siklus 1 sebesar 70,10 dengan kategori sedang menjadi 80,11% dengan kategori tinggi pada siklus 2.