Peningkatan Pemahaman Materi Tembang Durma dengan Menerapkan Model Games Based Learning Menggunakan Permainan Sambung Kata

Authors

  • Ahmad Shobirin Universitas Negeri Semarang
  • Wirawati Setya Novitasari SMP Negeri 5 Semarang
  • Joko Sukoyo Universitas Negeri Semarang

Keywords:

game based learning, permainan sambung kata, serat wulangreh.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami peserta didik kelas IX I SMP Negeri 5 Semarang terkait materi serat wulangreh pupuh durma. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model model game based learning dengan permainan sambung dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terkait serat wulangreh pupuh durma. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus meliputi perencanaan, implementasi, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian melalui google formulir, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pemahaman pada pratindakan sebesar 64,38%. Pada pelaksanaannya, tindakan yang dilakukan hanya terdiri dari satu siklus karena sudah menunjukkan peningkatan sesuai yang diinginkan sebesar 59,38%. Dengan kata lain, model game based learning dengan permainan sambung dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait serat wulangreh pupuh durma.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles