Peningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dan Kemampuan Literasi Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Wizer

Authors

  • Aldila Nindya Puspita Universitas Negeri Semarang
  • Martanto Martanto SMP Negeri 18 Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

literasi matematika; motivasi belajar; LKPD, Wizer.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Semarang. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 32 orang siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data kemampuan literasi matematika siswa diukur dengan menggunakan tes literasi matematika berbentuk soal uraian dan data motivasi belajar siswa diukur dengan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengukur kemampuan literasi matematika siswa secara klasikal mencapai lebih dari 75%, dan secara kualitatif keberhasilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wizer dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Semarang.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles