ANALISIS KEGIATAN P5 TEMA “BHINNEKA TUNGGAL IKA” SEBAGAI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA SMK NEGERI 2 SEMARANG

Authors

  • Aldino Pratama Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bhinneka Tunggal Ika, Independent Curriculum, Education, Implementation of P5.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan P5 yang bertema “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai wujud untuk meningkatkan profil siswa Pancasila di sekolah dan dampak pelaksanannya terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Semarang. Kegiatan P5 merupakan bagian dari kurikulum merdeka, pelaksanaan kegiatan P5 ini dilakukan pada setiap semester. Kegiatan P5 tema “Bhinneka Tunggal Ika” telah membawa dampak positif bagi peserta didik seperti pengembangan karakter, pengembangan soft skill siswa, menumbuhkan jiwa nasionalisme, dan sikap cinta akan tanah air. Hambatan atau kendala dalam pelaksanaan P5 adalah terdapat pada dana, akan tetapi pelaksanaan kegiatan P5 tema “Bhinneka Tunggal Ika” berjalan dengan baik serta berdampak positif baik bagi peserta didik maupun sekolah.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles