Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Media Audiovisual

Authors

  • Anang Idris Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Sungkowo Sungkowo
  • Prihatin Setiyaningsih

Keywords:

Learning, penjas, Basketball, Dribble, Variation.

Abstract

Pembelajaran tidak selalu diterima dengan baik oleh siswa. Mereka cenderung kurang memahami dengan apa yang sudah dijelaskan. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar chest pass menggunakan media audiovisual dalam permainan bola basket. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini adalah data hasil belajar chest pass atas siswa, perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yangdimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tehnik tes praktik, dan dokumentasi foto. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan dengan data awal nilai rata-rata siswa sebesar 70,07. Pada siklus I nilai rata-rata tes siswa mencapai rata - rata 71,15. Pada siklus II mencapai rata-rata 87,5. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 61,5% dan pada siklus II sebesar 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran chest pass permainan bola basket pada siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Semarang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles